Penjelasan dari Private Pilot License

Bagi Anda yang baru akan masuk ke dunia penerbangan atau ingin mencoba sekolah pilot, istilah Private Pilot License mungkin masih terdengar asing. Privat Pilot License biasa disebut PPL, merupakan lisensi yang wajib dimiliki oleh semua pilot. Tanpa lisensi ini, pilot tidak boleh menerbangkan pesawat seorang diri. Sama seperti seorang pengendara sepeda motor yang harus memiliki surat ijin mengemudi, seorang pilot juga harus memiliki surat ijin terbang. Maka dari itu, lisensi ini sangat penting untuk dimiliki pilot. Untuk bisa mendapatkan PPL, seorang pilot harus menempuh pendidikan terlebih dahulu agar sudah terjamin kemampuannya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang penjelasan dari Private Pilot License, yaitu:

  1. Hanya bisa menerbangkan pesawat di siang hari

Privat Pilot License adalah ijin yang memungkinan pilot untuk menerbangkan pesawat hanya di siang hari saja. Sehingga pilot tidak boleh terbang di malam hari, karena keadaan langit malam dan siang tentunya berbeda dan membutuhkan lisensi lain untuknya.

  1. Tidak bisa digunakan untuk menerbangkan pesawat komersial

Sama seperti namanya, PPL hanya berlaku untuk menerbangkan pesawat pribadi atau pesawat yang memiliki jumlah penumpang sedikit. Pilot yang hanya mengantongi ijin PPL saja tidak boleh menerbangkan pesawat komersial yang memiliki penumpang banyak. Ini karena pesawat komersial memiliki sitem dan ukuran yang lebih besar sehingga lisensi yang dibutuhkan juga berbeda. PPL sendiri merupakan lisensi paling awal yang harus dimiliki pilot, untuk bisa menerbangkan pesawat komersial, seorang pilot harus mengambil lisensi berikutnya.

  1. Membutuhkan biaya besar dan pengalaman terbang

PPL tidak serta merta bisa diambil kapan saja. Untuk bisa mendapatkan PPL, seorang pilot harus sudah menempuh jam terbang mencapai 40 jam. Sehingga dibutuhkan pengalaman yang cukup dari sang pilot agar bisa mendapatkan ijin terbang. Selain itu, diperlukan juga biaya yang cukup besar untuk lisensi ini. Biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 300 juta rupiah, tetapi bisa lebih murah jika langsung mengambil beberapa lisensi lainnya dalam waktu bersamaan.

Cara memilih sekolah penerbangan yang murah biayanya