Cara menghitung biaya akta jual beli(AJB) perumahan palembang

Saat anda akan melakukan jual beli rumah maka ada beberapa hal yang sangat penting untuk anda perhatikan salah satinya adalah masalah legalitas. Dalam hal ini anda harus mengetahui cara mengurus legalitas jual karena nantinya legalitas tersebut berkaitan dengan dokumen yang wajib dimiliki saat membeli rumah yaitu akta jual beli (AJB). Dalam proses pembuatan akta jual beli di seluruh Indonesia termasuk di Palembang, nantinya anda akan dikenai biaya pembuatan AJB. Untuk memudahkan anda dalam mempersiapkan biaya AJB maka ketahui terlebih dahulu cara menghitung biaya akta jual beli (AJB) perumahan Palembang.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Akta Jual Beli

Perlu anda ketahui bahwa akta jual beli (AJB) memang memiliki peran yang penting karena AJB ini sebagai dokumen bukti atas transaksi jual beli pihak penjual kepada pembeli properti. Untuk pembuatan AJB ini biasanya dilakukan oleh pihak Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) serta bersifwat terang dan sudah dibayar lunas. Tentunya proses pembuatan AJB ini membutuhkan beberapa jenis persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pihak penjual dan pembeli.

Selanjutnya proses pembuatan AJB tersebut dilakukan dengan mendatangi kantor PPAT atau notaris sesuai dengan lokasi properti tersebut berada. Kemudian silakan serahkan dokumen persyaratan yang sudah dilengkapi pada petugas. Pihak PPAT akn memeriksa keaslian serta kebasahan sertifikat tanah maupun PBB. Proses pemeriksaan tersebut memang membutuhkan waktu beberapa hari untuk memastikan properti yang dijual tidak sedang dijaminkan atau tidak dalam sengketa.

Jika proses pengecekan sertifikat sudah selesai dilakukan maka pihak penjual dan pembeli harus melakukan tanda tangan di kantor PPAT beserta 2 orang saksi. Sesudah proses penandatanganan AJB tersebut maka AJB sudah resmi anda miliki. Namun dalam pembuatan AJB ini dibutuhkan sejumlah biaya yang harus anda keluarkan. Dimana biaya tersebut yaitu pajak penghasilan yang harus dibayar oleh pihak penjual dengan perhitungan 2,5% dari nilai transaksi atau peralihan serta pajak bea perolehan bank atas tanah dan bangunan (BPHTB). Untuk itulah biaya pembuatan AJB bisa dirumuskan menjadi 2,5% x (nilai transaksi-NPOPTKP. Sedangkan untuk biaya jasa PPAT besarnya adalah 1% dari total transaksi.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung biaya pembuatan akta jual beli (AJB) perumahan di wilayah Palembang. Dengan mengetahui biaya pembuatan AJB tersebut maka anda bisa mempersiapkan biaya yang dibutuhkan sehingga proses transaksi jual beli perumahan bisa berjalan dengan lancar.

Cara kerja asuransi properti perumahan baru di Palembang