Bagaimana cara untuk memenuhi standar laporan audit keuangan yang baik?

Audit untuk laporan keuangan merupakan audit yang mencakup pengumpulan dan evaluasi bukti pelaporan. Audit atas laporan keuangan biasanya dilakukan oleh audit eksternal dan biasanya atas permintaan klien. Standar auditing diperlukan dalam mengaudit laporan keuangan.

Untuk memenuhi standar laporan audit keuangan yang baik, tentu saja perusahaan harus memiliki catatan keuangan yang teratur dan baik dari awal bisnis. Catatan akuntansi yang baik tidak hanya diperlukan untuk proses audit standar, tetapi juga untuk keperluan bisnis lainnya seperti aplikasi kredit di bank atau pembayaran pajak. Untuk mempermudah, setiap bisnis membutuhkan proses akuntansi.

Jenis audit sesuai dengan bidang keahlian, audit dapat dibagi menjadi dua, antara lain:

-Audit Publik

Selain poin di atas, jenis audit dapat dibagi menjadi dua audit umum, yang umumnya dilakukan oleh auditor independen. Dengan tujuan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan. Pemeriksaan didasarkan pada standar profesional Akuntan Publik

-Audit secara Khusus

Inspeksi khusus adalah bentuk audit yang terbatas dan diminta oleh perusahaan untuk lingkup khusus saja. Misalkan sebuah perusahaan menginginkan audit pada divisi keuangan khusus untuk laporan uang tunai perusahaan.

Memahami Betapa Pentingnya Audit

Audit sebenarnya diperlukan oleh setiap perusahaan, di mana laporan keuangan yang merupakan tanggung jawab manajemen perlu diaudit oleh Kantor Akuntan Publik yang merupakan pihak ketiga yang independen, karena:

-Jika tidak diaudit maka akan ada kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja. Oleh karena itu, laporan keuangan yang tidak diaudit kurang dapat diandalkan oleh pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan.

-Jika laporan keuangan telah diaudit dan menerima pendapat wajar tentu tanpa pengecualian dari Perusahaan, maka pengguna laporan keuangan dapat diyakinkan bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material dan disajikan sesuai dengan standar akuntansi

-SPT yang telah diaudit lebih dipercaya oleh undang-undang perpajakan atau lembaga perpajakan

– Perusahaan yang telah go public dan terkenal, dan memiliki aset 25 Miliar lebih dari itu harus masuk ke dalam laporan keuangan yang diaudit kepada Departemen Perdagangan dan Industri.

Jurnal -Jurnal dalam Jasa Pembuatan Laporan Keuangan